PEMBARUAN ROH DAN PIKIRAN
Dipublikasikan pada 05 Agustus 2024
2 min baca

Bacaan: Efesus 4:17-24

Supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu, …

(Ef. 4:23)

Sebelum shower marak digunakan, orang menggunakan bak untuk menampung air mandi. Secara berkala bak mandi harus dikuras dan dibersihkan. Jika tidak rutin dibersihkan, akan timbul endapan dan lumut yang menyebabkan air di dalamnya menjadi kotor dan keruh. Setiap kali kita menguras dan membersihkan bak mandi, kita akan mengeluarkan semua endapan dan menggosok dinding bagian dalam bak, agar tidak ada lagi kotoran yang dapat mencemari air baru yang akan dimasukkan.

Teks Alkitab kita hari ini menyatakan harapan Rasul Paulus agar kita mengalami pembaruan di dalam roh dan pikiran kita. Hawa nafsu dan perbuatan cemar mengotori hati dan pikiran orang-orang yang tidak mengenal Allah. Pembaruan roh dan pikiran terjadi apabila kita menanggalkan manusia lama yang telah tercemari oleh dosa dan mengenakan manusia baru yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya (ay. 24). Seperti bak mandi yang telah dikuras dan dibersihkan, maka roh dan pikiran yang telah dibarui akan mengalirkan hal-hal yang baik dalam kehidupan.

Dalam dunia yang penuh dosa, ada banyak godaan untuk menuruti hawa nafsu. Namun, orang yang mengenal Kristus telah dibarui dalam roh dan pikirannya, sehingga mampu meninggalkan setiap perbuatan cemar untuk hidup dalam kebenaran dan kekudusan. Dibarui roh dan pikirannya berarti meninggalkan kesesatan yang akan membinasakan.

DOA:

Tuhan, bersihkan dan perbarui roh dan pikiran kami, agar hidup kami memuliakan nama-Mu dalam kebenaran dan kekudusan. Amin.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
7 Orang Membaca