GEMBALA YANG BAIK
Dipublikasikan pada 21 April 2024
5 min baca

Gembala Yang Baik

Oleh Pdt. Michael Chrisdion

Bacaan: Yohanes 10 : 11 - 16

11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. 12 Seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu merebut dan mencerai-beraikan domba-domba itu. 13 Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu. 14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku 15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. 16 Aku juga mempunyai domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini. Domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku, dan akan ada satu kawanan dengan satu gembala. (TB.2)

GEMBALA PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU

Ada perbedaan antara gembala Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Pada Perjanjian Lama maka gembala adalah pekerjaan yang mulia seperti Daud adalah seorang gembala yang akhirnya menjadi raja. Bahkan Allah menggambarkan diriNya sebagai gembala atas bangsa Israel. Namun identitas gembala itu menjadi rusak pada waktu jaman Yesus. Dan Yesus ingin mengembalikan gambar gembala itu pada yang sesungguhnya.

1. GEMBALA YANG BAIK MEMBERIKAN NYAWANYA BAGI DOMBA-DOMBANYA

Ketika Yesus mengatakan “ Akulah gembala yang baik “ maka hal yang ingin disampaikan adalah bahwa Dia ingin mengembalikan bahwa image bahwa Tuhan yaitu Yahweh, Aku adalah Aku, itu menyatakan kesetaraan diriNya dengan Tuhan. Dan Dia yaitu Tuhan sendiri mau menggembalakan domba-dombaNya kembali. Namun menggembalakannya bukan dengan mengalahkan musuh melalui keperkasaanNya tetapi dengan cara memberikan nyawaNya bagi domba-dombaNya.

Yesus memberikan pesan yang penting ini yaitu “ Gembala yang baik memberikan nyawaNya bagi domba-dombaNya.” Penggambaran Yesus sebagai pintu maupun penggambaran Yesus sebagai gembala sama-sama berhubungan dengan keselamatan. Sebagai pintu, Yesus merupakan satu-satunya jalan masuk pada keselamatan dan sebagai gembala maka Yesus menyerahkan nyawaNya untuk domba-dombaNya melalui Karya Salib-Nya.

2. SANG GEMBALA MENGENAL DOMBA-DOMBANYA DAN DOMBA-DOMBANYA MENGENAL DIA

Ini adalah sesuatu yang membuat kita aman sebab Yesus sang gembala itu mengenal domba-dombanya. Karena saat Yesus mengenal kita artinya keselamatan yang diberikan itu sifatnya PASTI.

Selanjutnya di ayat 16 dikatakan bahwa ‘domba-domba yang lain, yang bukan dari kandang ini’.Kata-kata ‘bukan dari kandang ini’ menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang non Yahudi yang pada saat itu belum percaya tetapi mereka sudah disebut sebagai ‘domba’; Artinya domba-domba yang lain itu termasuk kita semua yang percaya kepada Yesus Kristus.

3. YESUS SANG GEMBALA MENYELAMATKAN, MELINDUNGI, MEMIMPIN, MENUNTUN MENYEDIAKAN DAN MEMELIHARA

Yohanes 10:16 b

16b domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Yesus yang adalah pintu sekaligus gembala dan ketika memanggil domba-dombaNya satu persatu maka Dia juga akan memeriksanya satu persatu. Dan sekiranya ada luka akan dirawat dan yang kotor akan dibersihkan. Demikian juga dalam hidup kita maka apapun yang sedang kita alami maka Yesus sang gembala itu tidak hanya melihat kita sebagai kawanan tetapi juga secara pribadi dimana Dia mengerti semua yang kita alami sehingga kita bisa merasa tenang.

Yesus (Sang Gembala Agung) datang untuk menyelamatkan, melindungi, memimpin, menuntun, menyediakan dan memelihara kita.

MAUKAH KITA MEMPERCAYAKAN HIDUP KITA KEPADA SANG GEMBALA AGUNG YANG BAIK?

Jika kita melihat orang-orang di sekeliling kita yang sedang seperti domba yang Lelah, terlantar dan tersesat...

PEDULIKAH KITA TERHADAP MEREKA? MAUKAH KITA MENJADI SAKSI KRISTUS SANG GEMBALA AGUNG UNTUK MENJADI PERPANJANGAN TANGAN-NYA UNTUK MENJANGKAU SERTA MENOLONG MEREKA DAN MENUNJUKKAN MEREKA KEPADA KRISTUS?

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
13 Orang Membaca