JANGAN BERKOMPROMI DENGAN DUNIA
Dipublikasikan pada 28 Agustus 2024
2 min baca

Bacaan: Yohanes 15:16-25

Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi … Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

(Yoh. 15:19)

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pejabat pemerintah dan kepolisian yang tertangkap melakukan tindak korupsi dan kejahatan lain semakin meningkat. Lingkungan kerja yang melazimkan kolusi dan korupsi telah mempengaruhi orangorang yang berada di dalamnya menjadi serupa dengan kultur tersebut. Bahkan orang-orang Kristen yang diharapkan dapat menunjukkan perbedaan karakter dengan dunia yang jahat, terlarut juga di dalamnya.

Kepada murid-murid-Nya, Yesus berkata bahwa bukan mereka yang memilih-Nya, melainkan Dia yang memilih mereka dari dunia untuk pergi dan menghasilkan buah. Lebih lanjut Yesus mengingatkan kepada mereka bahwa dunia akan membenci mereka, karena dunia sudah terlebih dahulu membenci-Nya. Dunia membenci Yesus karena tidak mengenal Bapa yang telah mengutus-Nya. Kata Yesus: “Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya” (ay.19). Namun, meskipun dunia akan membenci murid-murid-Nya, Yesus berjanji bahwa mereka akan ditopang oleh Penghibur, yaitu Roh Kebenaran dari Bapa.

Berkompromi dengan dunia memang lebih mudah dilakukan daripada harus melawannya. Namun, Yesus meminta kepada kita untuk tidak menjadi bagian dari dunia dan menjadi murid-Nya yang setia. Tidak berkompromi dengan dunia memang berat, tetapi Dia menjanjikan Roh Penolong dan Penghibur bagi kita.

DOA:

Tuhan, terima kasih atas Roh Kudus yang memampukan kami untuk menjadi tidak serupa dengan dunia. Amin.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
5 Orang Membaca