CURHAT PADA TUHAN
Dipublikasikan pada 19 Januari 2024
2 min baca

Bacaan: Mazmur 62:5-12

Berdiam diri di hadapan Allah saja, hai jiwaku, sebab dari Dialah harapanku! (Mazmur 62:6)

Ketika dirundung masalah dan persoalan, maka salah satu jalan keluar terbaik adalah dengan mencari seseorang yang bisa membantu permasalahan kita. Bagi beberapa orang, hanya bercerita atau mencurahkan isi hati (curhat) saja sudah cukup melegakan. Tentu saja, tempat kita curhat harus tepat dan bisa dipercaya.

Mazmur 62:5-12 memperlihatkan bagaimana keyakinan Daud kepada Tuhan saat ia menghadapi situasi yang tidak mudah. Ia meghadapi persepakatan politik yang hendak menjatuhkannya (ayat 2-5). Ia membutuhkan pertolongan. Dengan keyakinannya, ia mengajak umat bersandar kepada Tuhan (ayat 6-9). Daud menyadari kerapuhan dirinya sebagai manusia di hadapan Tuhan (ayat 10-11) dan ia meyakini kuasa, kasih setia dan keadilan Tuhan yang diberikan kepadanya adalah teguh (ayat12-13). Pengenalan yang tepat kepada Tuhan menuntunnya untuk tetap tenang dan bergumul (curhat) pada Tuhan. Daud menyadari bahwa keselamatan dan kemuliaannya bergantung sepenuhnya kepada Tuhan (ayat 8).

Seperti Daud, mari kita belajar mengandalkan Tuhan saja dalam setiap pergumulan dan permasalahan hidup. Dalam situasi apa pun yang kita hadapi, kita akan merasa tenang karena Tuhan dekat dengan kita. Kita bisa menyampaikan seluruh isi hati dan pergumulan kita pada Tuhan. Dan ia sudah tahu apa yang sedang kita alami dan rasakan. Penyertaan-Nya akan menguatkan perjalanan kehidupan kita ke depan.

REFLEKSI:

Menemukan tempat yang tepat untuk mencurahkan isi hati membawa kelegaan. Hanya kepada Tuhan saja kita mendapatkan ketenangan dan kekuatan untuk mencurahkan isi hati kita.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
7 Orang Membaca