MEMPERSEMBAHKAN KURBAN SYUKUR
Dipublikasikan pada 06 Agustus 2024
2 min baca

Bacaan: Mazmur 50:16-23

Siapa yang mempersembahkan kurban syukur, ia memuliakan Aku; … (Mzm. 50:23)

Binatang menjadi salah satu bagian penting dalam ritual banyak agama dan kepercayaan di dunia. Di antaranya adalah penggunaan binatang sebagai kurban sebagai sarana penyucian diri, meminta pembebasan dari bencana, maupun sebagai ungkapan syukur kepada Sang Pencipta.

Teks Alkitab hari ini berbicara tentang kurban syukur sebagai cara untuk memuliakan Tuhan. Umat Allah dalam Perjanjian Lama mempersembahkan binatang kurban sebagai ikatan perjanjian dengan Allah yang menjadi penyelamat, sekaligus simbol kesetiaan dan kepatuhan umat kepada-Nya. Umat yang mempersembahkan kurban syukur dikontraskan dengan mereka yang melupakan Allah dan yang menyebutnyebut nama-Nya tetapi dalam perilakunya mengesampingkan firman Allah. Persembahan kurban syukur merupakan wujud nyata ungkapan rasa terima kasih umat Allah atas kebaikan dan pertolongan-Nya. Kepada mereka yang dengan setia mempersembahkan kurban syukur, Allah akan menyatakan kemurahan-Nya.

Bagi umat Allah pada masa kini, Yesus Kristus telah menjadi simbol pengurbanan yang mengatasi semua kurban. Persembahan yang kita berikan adalah ungkapan syukur atas keselamatan yang diberikan-Nya melalui pengurbanan Yesus Kristus. Kehidupan setiap orang yang percaya kepada Yesus juga merupakan persembahan syukur sebagai cara menyatakan kasih dan kebaikan Tuhan yang telah kita terima.

DOA:

Tuhan, kami mau belajar selalu mempersembahkan kurban syukur atas kebaikan dan keselamatan dari-Mu. Amin.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
8 Orang Membaca