SUDAH LUNAS DIBAYAR
Dipublikasikan pada 22 Januari 2024
2 min baca

Bacaan: 1 Korintus 7:17-24

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar.

Karena itu, janganlah menjadi hamba manusia. (1 Korintus 7:23)

Orang yang benar-benar ikut Kristus artinya ia akan berjalan di belakang Kristus. Berjalan di belakang Kristus artinya ia belajar terus dari teladan Kristus. Dalam hidupnya ia berupaya untuk semakin serupa dengan Kristus (imitatio Christi).

Pesan Paulus sangat keras kepada jemaat Korintus untuk tetap tinggal dalam keadaan sebagaimana ketika mereka pertama kali dipanggil. Paulus menekankan pentingnya perjalanan keintiman dengan Tuhan yang tecermin pada perubahan perilaku kehidupan sehari-hari sebagai pengikut Kristus. Paulus mengingatkan bahwa anugerah keselamatan yang Kristus nyatakan begitu mahal. Itu terjadi melalui karya penebusan Kristus di kayu salib. Karya anugerah Allah melalui Yesus Kristus dalam kuasa Roh Kudus itu hendaknya direspons umat dengan syukur dalam bentuk persembahan diri kepada Allah. Bagi Paulus, perubahan penampilan menjadi lebih ‘Kristen’ adalah perubahan hidup itu sendiri. Bukan sekadar soal sunat atau tidak sunat. Anugerah Allah mesti direspons dengan perubahan dalam cara hidup kita yang mau dituntun oleh Roh Allah.

Mari kita belajar untuk menampilkan diri kita sebagai orang Kristen yang sudah ditebus melalui karya penebusan Kristus yang mahal. Tampilan diri kita menunjukkan sikap iman dan percaya kita. Bagaimana orang akan percaya dengan apa yang kita percayai, jika hidup kita tidak seperti apa yang sedang kita imani?

REFLEKSI:

Keselamatan kita terima hanya karena anugerah Allah di dalam Yesus Kristus.

Hidupilah anugerah keselamatan itu melalui pembaruan hidup.

Kategori
Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
4 Orang Membaca